Selain pemeriksaan fisik, yang umumnya dilakukan dokter dengan cara mengetuk punggung tangan Anda dan melihat reflex dari jari-jari apakah dapat teregang atau rileks sepenuhnya atau tidak?

Dokter juga dapat menyerankan pemeriksaan EMG untuk mengetahui respons saraf tanga apakah ada yang terhambat atu mengalami masalah atau tidak.

TERAPI

Banyak modalitas terapi yang dapat digunakan untuk mengatasi CTS, cara yang paling sederhana adalah dengan mengurangi gerakan-gerakan berulang seperti menggosok baju, mengetik, musisi, penata rambut, pembuat kue. Berhenti sejenak dari aktivitas tersebut sangat disarankan dokter untuk mengurangi gejala nyeri atau kesemutan yang muncul. Beberapa gerakan khusus juga dianjurkan dokter untuk mengatasi CTS.

Penggunaan penyangga khusus untuk pergelangan tangan juga disarankan agar supaya pergelangan tangan tidak bergerak secara berlebihan sehingga mengurangi tekanan pada saraf. Penggunaan deker khusus ini dapat dilakukan pada malam hari sehingga pagi harinya Anda terbebas dari rasa sakit, kebas hingga kesemutan di tangan.

Obat-obatan terutama golongan anti inflamasi atau golongan steroid terbukti mampu menghilangkan gejala yang muncul pada CTS. Obat dapat diberikan peroral atau melalui suntikan. Pembedahan dilakukan saat rahabilitasi dan obat tidak lagi memberikan hasil. Cara yang dilakukan dokter juga bermacam-macam. Mulai dengan bedah terbuka dengan sayatan di lengan hingga pembedahan minimal dengan bantuan endoskopi.

 

Jl. Warung Jati Barat No. 34, RT007/005, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Appointment Now

Call 021-7919-6999